"Membaca adalah keharusan bagi umat manusia dan lambang dari kemajuan bangsa dan negara"

KAMPUS IDOLAKU UNTUK MASA DEPAN

KAMPUS IDOLAKU UNTUK MASA DEPAN

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI

ANALISIS STRUKTUR MATERI QOWAID NAHWU PADA KITAB AMTSILATI JILID 1-5 KARYA H. TAUFIKUL HAKIM


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan suatu system symbol yang memiliki arti yang mengacu pada suatu fakta dan realita. Artinya tidak akan terwujud suatu bahasa yang hanya merupakan bunyi yang tidak bermakna. Karena bermakna itulah suatu system symbol itu sendiri disebut bahasa.
Bahasa memegang peranan sangat penting daklam hubungan dan fungsinya sangat penting dengan kegiatan informasi dan transformasi. Dalam kenyataannya bahasa tidak dianggap sebagai ruang hampa. Bahasa merupakan seni verbal sebagai inti semiotika yang merupakan aktivitas yang bermakna dalam komunitasnya bahasa merupakan kode-kode yang memiliki fungsi beraneka ragam. [1]
Situasi kebahasaan di Indonesia menunjukan bahwa disamping bahasa nasional dan bahasa daerah, terdapat juga pemakaian bahasa-bahsasa asing tertentu, terutama bahasa Inggris, bahasa arab, bahasa jerman, dan bahasa Prancis. Bahasa arab diakui sebagai bahsasa agama,  diajarkan mulai sekolah dasar hingga tingkat tertentu di lembaga tinggi pendidikan Islam, dan secara kurikuler bahasa arab menduduki posisi sebagai mata pelajaran wajib.
Buku ajar dalam pembelajaran bahasa arab menjadi sesuatu yang sangat urgen karena peranannya menjadi instrument yang cukup menentukan keberhasilan pembelajaran. Bahan ajar yang tidak memperhatikan prinsip-prinsip penyajian materi bahasa arab sebagai bahasa asing akan menjadi problematika tersendiri dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Penyusunan materi-materi bahasa arab dalam buku ajar menjadi bagian yang terpenting, karena sangat berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik. Terlebih pada penyusunan materi qowaid bahasa arab yang telah disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik dan secara sistematik berdasarkan buku-buku qowaid yang telah digunakan dalam pembelajaran terutama bagi tingkat pemula, karena akan berdampak pada pemahaman peserta didik dan menentukan tercapainya tujuan pengajaran.
Tarkib merupakan aturan-aturan yang nmengatur penggunaanbahasa arab yang digunakan sebagai media dalam memahami kalimat [2]. Qowaid (Nahwu) dalam bahasa arab menjadi penting untuk dipelajari sebab kesalahan dalam memahami susunan gramatika akan berdampak fatal  pada proses dan penafsiran[3]
Kitab AMTSILATI Karya H. TAUFIKUL HAKIM  merupakan kitab yang digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran qowaid untuk pemula, dan digunakan di berbagai kalangan serta kitab amtsilati ini juga sangat berpengaruh terhadap pemahaman bagi yang akan  mempelajari qowaid, kitab ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah bagi peserta didik ataupun siapa saja yang akan belajar qowaid khususnya bagi pemula.
Pemilihan kitab “AMTSILATI” Karya H. TAUFIKUL HAKIM sebagai obyek kajian yang akan di teliti dikarekan oleh beberapa sebab diantaranya: kitab ini merupakan kitab yang berisikan tentang kaidah-kaidah nahwu (qowaid) yang disusun secara ringkas dan sistematis  bagi pemula,  Selain itu kitab ini juga banyak di pakai oleh banyak kalangan baik tingkat dasar maupun tingkat lembaga tinggi pendidikan Islam,  Sehingga penulis tertarik untuk menganalisis kitab amtsilati ini.


B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka terdapat beberapa rumusan masalah diantaranya:
1.      Bagaimana struktur penyajian materi Qowaid  Nahwu pada kitab “AMTSILATI”  Jilid 1-5 Karya H. TAUFIKUL HAKIM?
2.      Bagaimana Interkoneksitas dan Kontinuitas materi qowaid nahwu pada kitab “AMTSILATI” Jilid 1-5   karya H. TAUFIKUL HAKIM?

C.    Tujuan dan kegunaan Penelitian
a.       Tujuan Penelitian
1)      Untuk mengetahui srtuktur penyajian Qowaid nahwu pada kitab AMTSILATI Jilid 1-5 karya H. TAUFIKUL HAKIM.
2)      Untuk mengetahui Koneksitas dan kontinuitas materi qowaid pada kitab AMTSILATI jilid 1-5 karya H.TAUFIKUL HAKIM.
b.      Kegunaan Penelitian
1)      Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta sebagai informasi yang bermanfaat dalam usaha mempelajari, menyampaikan dan mengembangkan materi bahasa arab.
2)      Menambah wawasan bagi pembaca dan penulis berhubungan dengan pengajaran bahasa arab dan pemerhati pendidikan.
3)      Memberi kritikan ilmiah terhadap kitab yang digunakan sebagai bahan ajar yang digunakan untuk pemula.

DAFTAR PUSTAKA

Mujib, fafhul. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab; Dari Pendekatan konvensional ke       Integratif  humanis. Yogyakarta: pedagogia. 2010
Musthafa ,Syaiful,  Strategi pembelajaran  Bahasa  arab Inovatif. Malang : UIN MALIKI Prees.





[1] Fathul Mujib, Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab; Dari Pendekatan Konvensional ke Integratif Humanis” .(Yogyakarta:  Pedagogia, 2010)Hlm. 2-3
[2] Syaiful Musthofa,  Strategi pembelajaran  Bahasa  arab Inovatif, (Malang,  UIN MALIKI Prees) hlm. 93
[3] Fathul Mujib, Rekonstruksi Bahasa Arab, ibd. Hlm 175
Tag : SKRIPSI

Related Post:

0 Komentar untuk "CONTOH PROPOSAL SKRIPSI"

Back To Top