ANALISIS
STRUKTUR MATERI QOWAID NAHWU PADA KITAB AMTSILATI JILID 1-5 KARYA H. TAUFIKUL
HAKIM
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan
suatu system symbol yang memiliki arti yang mengacu pada suatu fakta dan
realita. Artinya tidak akan terwujud suatu bahasa yang hanya merupakan bunyi
yang tidak bermakna. Karena bermakna itulah suatu system symbol itu sendiri
disebut bahasa.
Bahasa memegang
peranan sangat penting daklam hubungan dan fungsinya sangat penting dengan
kegiatan informasi dan transformasi. Dalam kenyataannya bahasa tidak dianggap
sebagai ruang hampa. Bahasa merupakan seni verbal sebagai inti semiotika yang
merupakan aktivitas yang bermakna dalam komunitasnya bahasa merupakan kode-kode
yang memiliki fungsi beraneka ragam. [1]
Situasi
kebahasaan di Indonesia menunjukan bahwa disamping bahasa nasional dan bahasa
daerah, terdapat juga pemakaian bahasa-bahsasa asing tertentu, terutama bahasa
Inggris, bahasa arab, bahasa jerman, dan bahasa Prancis. Bahasa arab diakui
sebagai bahsasa agama, diajarkan mulai
sekolah dasar hingga tingkat tertentu di lembaga tinggi pendidikan Islam, dan
secara kurikuler bahasa arab menduduki posisi sebagai mata pelajaran wajib.
Buku ajar dalam
pembelajaran bahasa arab menjadi sesuatu yang sangat urgen karena peranannya
menjadi instrument yang cukup menentukan keberhasilan pembelajaran. Bahan ajar
yang tidak memperhatikan prinsip-prinsip penyajian materi bahasa arab sebagai
bahasa asing akan menjadi problematika tersendiri dalam pencapaian tujuan
pembelajaran.
Penyusunan
materi-materi bahasa arab dalam buku ajar menjadi bagian yang terpenting,
karena sangat berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik. Terlebih pada
penyusunan materi qowaid bahasa arab yang telah disusun berdasarkan kebutuhan
peserta didik dan secara sistematik berdasarkan buku-buku qowaid yang telah
digunakan dalam pembelajaran terutama bagi tingkat pemula, karena akan
berdampak pada pemahaman peserta didik dan menentukan tercapainya tujuan
pengajaran.
Tarkib
merupakan aturan-aturan yang nmengatur penggunaanbahasa arab yang digunakan
sebagai media dalam memahami kalimat [2].
Qowaid (Nahwu) dalam bahasa arab menjadi penting untuk dipelajari sebab
kesalahan dalam memahami susunan gramatika akan berdampak fatal pada proses dan penafsiran[3]
Kitab AMTSILATI
Karya H. TAUFIKUL HAKIM merupakan kitab
yang digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran qowaid untuk pemula, dan
digunakan di berbagai kalangan serta kitab amtsilati ini juga sangat
berpengaruh terhadap pemahaman bagi yang akan
mempelajari qowaid, kitab ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah
bagi peserta didik ataupun siapa saja yang akan belajar qowaid khususnya bagi
pemula.
Pemilihan kitab
“AMTSILATI” Karya H. TAUFIKUL HAKIM sebagai obyek kajian yang akan di teliti
dikarekan oleh beberapa sebab diantaranya: kitab ini merupakan kitab yang
berisikan tentang kaidah-kaidah nahwu (qowaid) yang disusun secara ringkas dan
sistematis bagi pemula, Selain itu kitab ini juga banyak di pakai
oleh banyak kalangan baik tingkat dasar maupun tingkat lembaga tinggi
pendidikan Islam, Sehingga penulis
tertarik untuk menganalisis kitab amtsilati ini.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka terdapat beberapa
rumusan masalah diantaranya:
1.
Bagaimana struktur penyajian materi Qowaid Nahwu pada kitab “AMTSILATI” Jilid 1-5 Karya H. TAUFIKUL HAKIM?
2.
Bagaimana Interkoneksitas dan Kontinuitas materi qowaid nahwu pada kitab
“AMTSILATI” Jilid 1-5 karya H. TAUFIKUL HAKIM?
C.
Tujuan dan kegunaan Penelitian
a.
Tujuan Penelitian
1)
Untuk mengetahui srtuktur penyajian Qowaid nahwu pada kitab
AMTSILATI Jilid 1-5 karya H. TAUFIKUL HAKIM.
2)
Untuk mengetahui Koneksitas dan kontinuitas materi qowaid pada
kitab AMTSILATI jilid 1-5 karya H.TAUFIKUL HAKIM.
b.
Kegunaan Penelitian
1)
Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta sebagai informasi yang
bermanfaat dalam usaha mempelajari, menyampaikan dan mengembangkan materi
bahasa arab.
2)
Menambah wawasan bagi pembaca dan penulis berhubungan dengan
pengajaran bahasa arab dan pemerhati pendidikan.
3)
Memberi kritikan ilmiah terhadap kitab yang digunakan sebagai bahan
ajar yang digunakan untuk pemula.
DAFTAR PUSTAKA
Mujib, fafhul. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab; Dari
Pendekatan konvensional ke
Integratif humanis. Yogyakarta:
pedagogia. 2010
Musthafa ,Syaiful, Strategi
pembelajaran Bahasa arab Inovatif. Malang : UIN MALIKI Prees.
[1]
Fathul Mujib, Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab; Dari Pendekatan
Konvensional ke Integratif Humanis” .(Yogyakarta: Pedagogia, 2010)Hlm. 2-3
[2]
Syaiful Musthofa, Strategi
pembelajaran Bahasa arab Inovatif, (Malang, UIN MALIKI Prees) hlm. 93
[3]
Fathul Mujib, Rekonstruksi Bahasa Arab, ibd. Hlm 175
Tag :
SKRIPSI
0 Komentar untuk "CONTOH PROPOSAL SKRIPSI"